PENERAPAN PEMBELAJARAN PAIKEM MODEL BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Ahmad Ahmad
  • Novida Novida

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS, dikarenakan pelajaran IPS di sekolah dasar sebagai pelajaran hafalan, tidak mampu mengaktifkan siswa untuk mengembangkan pikiran, sikap, nilai serta tindakan yang mampu mengembangkan keterampilan sosial. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui pembelajaran PAIKEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 9 Pesangan yang berjumlah 12 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa skala sikap, observasi, video dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAIKEM dengan menggunakan model diskusi kelompok aktif (Buzz Group) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD pada pembelajaran IPS. Pembelajaran PAIKEM adalah pembelajaran bermakna dan membantu siswa untuk membangun pengetahuan dan pengalaman lainnya sehingga dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar, dengan motivasi tersebut siswa dapat mengembangkan keterampilan sosialnya.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Sumber Daya Alam, Pembelajaran PAIKEM, Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Aktif (Buzz Group).

References

Akdon dan Sahlan Hadi. 2005. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewaruchi.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sardiman. 2013. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Kota: Penerbit.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Donal, Mc, 2010. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Mappeasse, Yusuf. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas III Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009.

Maslow. A.H. 1970. Motivation and Personality. New York: Harper&Row Publisher Inc.

Muslich S, Moch. 2014. Pakem dan Metode IQRO dalam Sains. (Online), http://fai.ummgl.ac.id/faijurnal/Pakem%20dan%20Metode%20Iqro%20dalam%20Sains.pdf. Dilakses, 14 April 2 2014.

Nasution, S. (1990) Asas-Asas Kurikulum. Bandung. Jemmars.

NCSS. (1994) Curriculum Standars for Social Studies. Washington DC.

Oemar, Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono, Agus, 2012. Cooperatif Learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Site, Ari. 2012. Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKN Melalui Model Diskusi Buzz Group VII A SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun (Online), Http://Skripsippknunj.Com./Wp-content/Aploads/2013/02/Jurnal-Dian-Fitriani.Pdf.

Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusunan USAID PRIORITAS. 2013. Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Tidak diterbitkan.

Uno, Hamzah, B. 2010. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2016-01-26