ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL EKONOMI PADA SMAN 7 BANDA ACEH

Authors

  • Yenni Agustina

Abstract

Untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran diperlukan alat evaluasi yang baik yaitu tes. Tes yang diberikan perlu mendapat perhatian besar bagi guru. Kurangnya melakukan penilaian terhadap perangkat tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan belajar siswa dapat menyebabkan siswa memperoleh hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, suatu perangkat tes perlu dianalisis butir soalnya karena melalui proses ini dapat diketahui baik buruknya soal dan butir soal yang disusun. Analisis butir soal meliputi tingkat kesukaran dan daya beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaran dan daya beda butir soal ekonomi pada SMAN 7 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi adalah seluruh  siswa kelas XI-IS SMAN 7 Banda Aceh yang berjumlah 62 orang siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, selanjutnya dianalisis untuk menghitung dan menginterprestasikan tingkat kesukaran dan daya beda setiap butir soal ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran butir soal ekonomi yang tergolong sedang sebesar 80%, tergolong mudah sebesar 16% dan tergolong sukar sebesar 4%.Sedangkan daya beda butir soal yang tergolong baik sebesar 36 %, tergolong sedang sebesar 24%, tergolong sangat baik 20%, dan yang tergolong tidak baik sebesar 20%. Ditinjau dari analisis tingkat kesukaran dan daya beda, kualitas butir soal ekonomi yang tergolong  baik sebesar 64%, yang perlu direvisi sebesar 32% dan item yang tidak baik sebesar 4%. Hasil ini menunjukkan bahwa butir soal ekonomi pada SMAN 7 Banda Aceh telah memenuhi kriteria sebagai alat tes yang baik.

  

Kata kunci: Tingkat kesukaran, Daya beda

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi . Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2005.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Djiwandono. Sri EW. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Perangkat Penilaian KTSP SMA. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Idianto Muin. 2006. Sosiologi SMA/MA Untuk kelas XII. Jakarta : Erlangga

Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, N dan Adi Suryanto. 2003. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas terbuka.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 2002. Evaluasi ilmu Pendidikan. Edisi Revisi. Surabaya: Usaha Nasional.

Nana Suhjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Purwanto, Ngalim. 1996. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda. Karya.

Popham, W.James dan Eva Baker. 1992. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratumanan, Tanwey Gerson dan Theresia Laurens. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Salasi,dkk.2000. Kualitas tes buatan guru dan kesalahan konsep yang dialami siswa dalam mata pelajaran Matematika di SLTP Kotamadya Banda Aceh. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala : Banda Aceh.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silverus,S. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia.

Thoha, Chabib. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tilaar. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainul, Asmawi dan Noeh Nasution. 1995. Penilaian Hasil Belajar. Departemen pendidikan dan kebudayaan: Jakarta.

Published

2018-12-18