PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN

Authors

  • Arizal Arizal Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • M Saleh Aksa

Abstract

ABSTRAK

 

Pada dasarnya hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sementara itu hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Peusangan Selatan menurun dari tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 115 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20% dari 115 yaitu 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan demikian data di analisis dengan rumus korelasi product moment untuk mencari hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa, dan untuk menguji signifikan hubungann menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai r sebesar 0,4275, hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang positif dari tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa, dan diperoleh nilai t-hitung > t-tabel ( 2,167 > 2,080), menunjukkan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar r = 0,4275 adalah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan.

 

Kata kunci : tingkat pendidikan orang tua, hasil belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmady & Nur Uhbiyati, 2005. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta :Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (suatu Pendektan praktek) Bandung: Tarsito

Azra, Azyumardi. 1999, Esai-Esai Intelektual Muslim Dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Logos

Devianita. 2011. Pengertian Pengaruh.

http://suchideppyanita.blogspot.com/2011/10/pengertian-pengaruh.html. adopsi dari KBBI (2001:849) diakses 28 Juli 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Guru dan anak didik dalam Interaksi Indukatif. Jakarta. RinekaCipta.

Esti Mufidatul Chusna. 2009. Pengaruh tingkat pendidikan dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi Siswa kelas XI SMUN I Sutojayan Blitar.Jurnal. Marcus Jacob Julius Latupapua. diakses 28 Agustus 2013.

Fuad Ihsan. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Omear 2001. Berbagai Strategi dan Proses Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Hasbullah. 1989. Dasar – Dasar ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhibbin Syah.2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Purwanto, Ngalim 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis .Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ronaldi. 2013. Pengaruh Pendidikan Orang Tua dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS. Jurnal. diakses 28 Agustus 2013.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algosindo

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Published

2017-07-31