PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN
Abstrak
ABSTRAK
Â
Pada dasarnya hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sementara itu hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Peusangan Selatan menurun dari tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 115 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20% dari 115 yaitu 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan demikian data di analisis dengan rumus korelasi product moment untuk mencari hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa, dan untuk menguji signifikan hubungann menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai r sebesar 0,4275, hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang positif dari tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa, dan diperoleh nilai t-hitung > t-tabel ( 2,167 > 2,080), menunjukkan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar r = 0,4275 adalah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan.
Â
Kata kunci : tingkat pendidikan orang tua, hasil belajar
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmady & Nur Uhbiyati, 2005. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta :Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (suatu Pendektan praktek) Bandung: Tarsito
Azra, Azyumardi. 1999, Esai-Esai Intelektual Muslim Dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Logos
Devianita. 2011. Pengertian Pengaruh.
http://suchideppyanita.blogspot.com/2011/10/pengertian-pengaruh.html. adopsi dari KBBI (2001:849) diakses 28 Juli 2013.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Guru dan anak didik dalam Interaksi Indukatif. Jakarta. RinekaCipta.
Esti Mufidatul Chusna. 2009. Pengaruh tingkat pendidikan dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi Siswa kelas XI SMUN I Sutojayan Blitar.Jurnal. Marcus Jacob Julius Latupapua. diakses 28 Agustus 2013.
Fuad Ihsan. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Omear 2001. Berbagai Strategi dan Proses Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Hasbullah. 1989. Dasar – Dasar ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Muhibbin Syah.2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Purwanto, Ngalim 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis .Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ronaldi. 2013. Pengaruh Pendidikan Orang Tua dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS. Jurnal. diakses 28 Agustus 2013.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algosindo
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,