UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) PADA SISWA KELAS XII IPS-C SMA NEGERI 1 BIREUEN
Abstract
Matriks adalah salah satu materi matematika yang di ajarkan di Kelas XII semester ganjil di SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam proses pembelajarannya, pemahaman siswa terhadap materi matriks sangat kurang, ini dikarenakan siswa cepat bosan dalam belajar dan tidak serius dalam mengikuti pembelajaran. Dimana selama ini metode atau strategi yang digunakan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Model pembelajaran yang demikian tidak menuntut siswa untuk aktif, kreatif, dan bertindak/melakukan secara langsung. Oleh karena itu peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks melalui Strategi Pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks melalui Pembelajaran Ekspositori (SPE) pada siswa Kelas XII IPS-C SMA Negeri 1 Bireuen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen yang berjumlah 30 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui tes prasiklus, tes akhir tiap siklus, observasi, dan wawancara. Hasil tes akhir diperoleh data siklus I, adalah hanya 22 orang siswa yang tuntas atau 73,33%, sedangkan hasil tes akhir siklus II yaitu 27 orang siswa lulus tes akhir atau 90%. Skor persentase rata-rata kegiatan peneliti dalam pembelajaran pada siklus I terhadap peneliti adalah 76,67%, sedangkan siklus II adalah 86,67%. Skor persentase rata-rata kegiatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I adalah 70,84%, sedangkan siklus II adalah adalah 84,16%. Dengan demikian pembelajaran ekspositori (SPE) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks di kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen. Kata kunci: Matriks , Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE)References
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Matematika. Jica: Malang
Killen, Roy. 1998. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung
Maidiyah, Erni. 2008. Pelatihan Profesi Guru Penelitian Tindakan Kelas (PTK). FKIP Unsyiah: Banda Aceh
Miles, M.B & Huberman, A.M 2002. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan dari Tjetjep Rohidi). Universitas Indonesia: Jakarta
Moleong, L.J, 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Ruseffendi, ET. 2006. Pegajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru. Tarsito: Bandung
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media Group: Jakarta
Slameto. 2005. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya: Bandung
Wardani. 2008. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Universitas Terbuka: Jakarta
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Gramedia: Bandung