UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) PADA SISWA KELAS XII IPS-C SMA NEGERI 1 BIREUEN

Penulis

  • Cut Mardian SMA Negeri 1 Bireuen

Abstrak

Matriks adalah salah satu materi matematika yang di ajarkan di Kelas XII semester ganjil di SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam proses pembelajarannya, pemahaman siswa terhadap materi matriks sangat kurang, ini dikarenakan siswa cepat bosan dalam belajar dan tidak serius dalam mengikuti pembelajaran. Dimana selama ini metode atau strategi yang digunakan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Model pembelajaran yang demikian tidak menuntut siswa untuk aktif, kreatif, dan bertindak/melakukan secara langsung. Oleh karena itu peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks melalui Strategi Pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks melalui Pembelajaran Ekspositori (SPE) pada siswa Kelas XII IPS-C SMA Negeri 1 Bireuen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen yang berjumlah 30 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui tes prasiklus, tes akhir tiap siklus, observasi, dan wawancara. Hasil tes akhir diperoleh data siklus I, adalah hanya 22 orang siswa yang tuntas atau 73,33%, sedangkan hasil tes akhir siklus II yaitu 27 orang siswa lulus tes akhir atau 90%. Skor persentase rata-rata kegiatan peneliti dalam pembelajaran pada siklus I terhadap peneliti adalah 76,67%, sedangkan siklus II adalah 86,67%. Skor persentase rata-rata kegiatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I adalah 70,84%, sedangkan siklus II adalah adalah 84,16%. Dengan demikian pembelajaran ekspositori (SPE) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks di kelas XII SMA Negeri 1 Bireuen. Kata kunci: Matriks , Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE)

Referensi

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Matematika. Jica: Malang

Killen, Roy. 1998. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung

Maidiyah, Erni. 2008. Pelatihan Profesi Guru Penelitian Tindakan Kelas (PTK). FKIP Unsyiah: Banda Aceh

Miles, M.B & Huberman, A.M 2002. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan dari Tjetjep Rohidi). Universitas Indonesia: Jakarta

Moleong, L.J, 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung

Ruseffendi, ET. 2006. Pegajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru. Tarsito: Bandung

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Prenada Media Group: Jakarta

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media Group: Jakarta

Slameto. 2005. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya: Bandung

Wardani. 2008. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Universitas Terbuka: Jakarta

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Gramedia: Bandung

Diterbitkan

2015-10-30

Terbitan

Bagian

Artikel