MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII/8 MTsN 2 BIREUEN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 /2018
Abstract
Penelitian ini diberi judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika materi Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa MTsN 2 Bireuen kelas VII.8 semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 â€. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa MTsN 2 Bireuen kelas VII/8 semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Dengan pembelajaran berbasis masalah semua siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kelompoknya untuk memecahkan masalah dan berlomba-lomba untuk menjadi kelompok yang terbaik, sehingga model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar mereka dalam pembelajaran.            Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Bireuen kelas VII/8 semester ganjil tahun 2017/2018 dengan objek 36 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan untuk dua siklus. Prosedur yang dilakukan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Hasil refkleksi pada setiap siklus dijadikan sebagai replanning (perencanaan perbaikan) untuk siklus berikutnya. Sedangkan skenario pembelajaran yang dilakukan meliputi skenario untuk masing-masing siklus, membuat lembar observasi, LKS, merencanakan kegiatan PBM dan melakukan evaluasi. Hasil pre tes menunjukkan hanya 27.27% siswa yang mencapai nilai KKM. Setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, pada siklus 1 pembelajaran berjalan seperti skenario yang sudah direncanakan, prestasi belajar siswa yang mencapai nilai KKM untuk pertemuan Siklus 1 (69.70%) , hal ini belum mencapai target yang ditentukan yaitu 70 %. Tetapi pada siklus 2 setelah dilakukan penyempurnaan skenario pembelajaran dan efektifitas kegiatan, ternyata Prestasi Belajar siswa berubah naik pertemuan Siklus 2 (91.18%), Hal ini berarti prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.
Â
Kata Kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran berbasis masalah.
References
Anwar, 2008. Pembalajaran Kooperatif (online) http://anwarholil.Blogspot.com, diakses 15/07/2010
Drs. Roestiyah NK. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta)
Hasyim, 2009. Tujuan Pembelajaran Matematika (online) http://muttaqinhasyim, wordpress.com, diakses 20/07/2010
Istarani, 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran Untuk Revolusi Pengajaran, Medan: CV. ISCOM.
Istarani, 2012. Kumpulan 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: CV. ISCOM.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Sosilo, 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher
Sugiono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana