MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII/8 MTsN 2 BIREUEN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 /2018

Penulis

  • Salma Salma Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini diberi judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika materi Operasi Hitung Bilangan Bulat  dengan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah  pada siswa MTsN 2 Bireuen  kelas VII.8 semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 â€. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat dengan menerapkan model pembelajaran  berbasis masalah pada siswa MTsN 2 Bireuen kelas VII/8 semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Dengan pembelajaran berbasis masalah  semua siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kelompoknya untuk memecahkan masalah dan berlomba-lomba untuk menjadi kelompok yang terbaik, sehingga model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar  mereka dalam pembelajaran.             Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Bireuen kelas VII/8 semester ganjil tahun 2017/2018 dengan objek 36  siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan  untuk dua siklus. Prosedur yang dilakukan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Hasil refkleksi pada setiap siklus dijadikan sebagai replanning (perencanaan perbaikan) untuk siklus berikutnya. Sedangkan skenario pembelajaran yang dilakukan meliputi skenario untuk masing-masing siklus, membuat lembar observasi, LKS,  merencanakan kegiatan PBM dan melakukan evaluasi. Hasil pre tes menunjukkan hanya 27.27% siswa yang mencapai nilai KKM. Setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, pada siklus 1 pembelajaran berjalan seperti skenario yang sudah direncanakan,  prestasi belajar siswa yang mencapai nilai KKM untuk pertemuan Siklus 1 (69.70%) , hal ini  belum mencapai target yang ditentukan yaitu 70 %. Tetapi pada siklus 2 setelah dilakukan penyempurnaan skenario pembelajaran dan efektifitas kegiatan, ternyata Prestasi Belajar siswa berubah naik pertemuan Siklus 2 (91.18%), Hal ini berarti prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Kata Kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran berbasis masalah.

Referensi

Anwar, 2008. Pembalajaran Kooperatif (online) http://anwarholil.Blogspot.com, diakses 15/07/2010

Drs. Roestiyah NK. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta)

Hasyim, 2009. Tujuan Pembelajaran Matematika (online) http://muttaqinhasyim, wordpress.com, diakses 20/07/2010

Istarani, 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran Untuk Revolusi Pengajaran, Medan: CV. ISCOM.

Istarani, 2012. Kumpulan 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: CV. ISCOM.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Sosilo, 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher

Sugiono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana

Diterbitkan

2020-01-01