PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEWANTARA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
Abstract
Rendahnya hasil belajar dan ketrampilan berpikir siswa dan guru merupakan suatu masalah yang mendasar di SMP Negeri 1 Dewantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) terhadap ketrampilan berpikir rasional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara pada materi pesawat sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara yang terdiri atas 9 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 270 siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas VIII1 dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas VIII2 dengan jumlah siswa 25 orang. Data analisis dengan t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai t-hitung thitung > t tabel (17,82 > 1,71). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) tidak berpengaruh terhadap ketrampilan berpikir rasional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dewantara pada materi pesawat sederhana. Hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII. Sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe STAD ( 1 = 39,42 dan 86,22) dan siswa kelas VIII2 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe STAD ( 2 = 24,84 dan 44,4). Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut tidak berpengaruh terhadap ketrampilan berpikir rasional siswa. Kata kunci: Student teams achievement division, Berpikir rasional, pesawat sederhanaReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi aksara
Iskandar. 1997. Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam IPA.http://Iskandar. Blogspot.com, diakses 22 Agustus 2011
Rustaman. 2009. Hakikat Pembelajaran IPA. http://Rustaman. Blogspot. Com. Diakses 22 Agustus 2011
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Albensindo
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Putra grafika.
Trianto, M.pd 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Prigresif, Jakarta : kencana
Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta: Kencana Prenada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setiawan.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Albensindo
Suryabrata, S. 2006. Metodelogi Penelitian. Jakarata: Grafindo
Nur, Mohamad, 2005. S : pusat Sains dan matematika sekolah UNESA
Nafsiati, Rini . peta konsep pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan ketrampilan berpikir Rasional Siswa SD/MI, jurnal Ilmiah. malang . Universitas Islam Negeri.