HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA ALMUSLIM BIREUEN

Authors

  • Zahara Zahara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Almuslim Bireuen. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Almuslim, data gaya belajar diperoleh dari angket gaya belajar siswa sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai siswa di SMA Swasta Almuslim. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar pelajaran ekonomi siswa. Kata kunci: Gaya belajar, Hasil belajar, Pelajaran Ekonomi.

References

Arifin. Zaenal, (1991) Evaluasi Intruksional Prinsip Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta

___________ (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, Saifudin (1998). Metode Penelitian, Cet.1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gredler, Margaret E. Bell (2001), Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Rajawali Press.

Hamalik. Oemar (2004). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara

Mardalis, (2002) Metode Penelitian suatu Pendekatan Proposal, Jakarta : bumi Aksara

Muhadjir, (2002) Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, Cet.2

Nasution, (2009). Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Purwanto. (2002). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Rivisi, Jakata: Rineka Cipta.

________(2005). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Rivisi, Jakata: Rineka Cipta.

Sudjana. Nana (1996). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

_________ (2010). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

_________(2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya

_________(2000). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Published

2015-06-01

Issue

Section

Artikel