PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI KOMBINATORIK DI SEMESTER I JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar mahasiswa jurusan teknik Teknologi Informasi dan Komputer pada materi kombinatorik. Salah satu sebab rendahnya hasil belajar adalah karena sebagian besar mahasiswa tidak memahami dengan baik konsep dasar kombinatorik yang sudah diajarkan sejak SMU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi contextual teaching and learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kombinatorik di semester I jurusan teknik Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda (uji t). Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa thitung = 2,49 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 41. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi contextual teaching and learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kombinatorik di semester I jurusan teknik Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Â
Kata Kunci: hasil belajar, penerapan strategi contextual teaching and learning , kombinatorik
Â
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Boaler,J & Humphreys, C. 2005. Connecting mathematical idea : Middle School Video Cases to support teaching and learning. Portsmouth, NH : Heinemann
Hiebert, J & Human P, 1997. Making Sense: Teaching and learning mathematics with Understanding. Ports mouth, NH : Heinemann.
Lester, J & Charles, RI. 2003. Teaching mathematics through problem solving : Pre-K to G, Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics.
National Research Council. 2001. Adding it up: Helping children learn mathematics. J.
Reinhart, S. C. 2000. Never say anything a kid can say ! Mathematics Teaching in the Middle School, 5, 478-483.
Sanjaya, Wina, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning, Teori, riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Van de Walle, John A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics, Boston : Pearson Prentice Hall