PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BIREUEN
Abstract
Pada umumnya minat belajar matematika khususnya pada siswa SMP mengalami penurunan dilihat dari hasil belajar siswa. Dari hasil wawancara itu semua disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya minat belajar siswa yang menurun dan model pembelajarn yang digunakan membuat para siswa cepat bosan. Tujuan dari penelitan ini untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap materi persamaan garis lurus. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Hasil yang diperoleh dari penlitian ini adalah didapatkan untuk kelas model pembelajaran Two Stay Two Stray diperoleh   yaitu 5,36  1,72472. Maka keputusan statistik adalah diterima dan ditolak, hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 2 Bireuen
Â
Kata kunci: Two stray two stay, Persamaan garis Lurus
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Reni. 2013. Proses Berfikir dalam Pengerjaan Soal Persamaan Garis Lurus dan Pemberian Scaffolding pada Siswa SMP Negeri 19 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. (online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel48EBF45DC13A8063227208F37CA4F38E.pdf, diakses 10 Maret 2015)
Silberman, Mel. 2009. 101 strategi pembelajaran active. Yogyakarta: Yappendis.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:Tarsito
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tanjungsari, dkk. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. (online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/261/309, diakses 7 Maret 2015).