PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN EMPECE PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 3 SMA NEGERI 1 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Asma Wardah

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini yang berjudul â€Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika melalui Pembelajaran Empece pada Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen†ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Empece  pada peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dianggap berhasil jika hasil test akhir setiap tindakan minimal 85% peserta didik mendapat nilai 72 dan proses pembelajaran telah diperoleh > 85%, jika kedua hal tercapai maka kegiatan pembelajaran dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya, namun jika hal yang ditargetkan tidak tercapai maka siklus kegiatan pembelajaran harus diulang. Berdasarkan penelitian, hasil tes awal peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan untuk materi Arus Listrik Searah diperoleh bahwa persentase peserta didik yang memperoleh nilai tuntas sebesar 48,27% dan pada hasil tes siklus 1 mengalami kenaikan sedikit menjadi 55,55%, persentase tersebut menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil karena masih banyak peserta didik yang tidak tuntas, maka penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Setelah pembelajaran dilakukan pada siklus 2 dengan menggunakan metode pembelajaran Empece,  nilai tes siklus 2 meningkat menjadi 85,18%. Sehingga keberhasilan pembelajaran sudah tercapai. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode Empece dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Metode pembelajaran Empece ini sangat cocok digunakan untuk mengajarkan materi Arus Listrik Searah, karena terbukti di kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen biasanya selalu menemukan hambatan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, namun setelah guru mengajarkan materi ini dengan menggunakan metode Empece terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik.

 

Kata kunci: peningkatan aktivitas, hasil belajar fisika, pembelajaran Empece

References

Alwi. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. III, Jakarta: Balai Pustaka.

Antonius. 2004. Petunjuk Praktis Menyusun Karya Tulis Ilmiah Untuk Naik Pangkat. Binjai: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

B. Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan efektif. Gorontalo: Bumi Aksara.

Dimyati & Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman. 2008. Model Pembelajaran Tindakan kelas. Darussalam: FKIP Unsyiah.

W.J.S Poerwadarminta. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Yusuf, Irwan. 2015. Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Fisika melalui Pembelajaran Empece pada Siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal. No. 01.

Published

2017-12-01

Issue

Section

Artikel