PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR DI KELAS X SMA N 2 PEUSANGAN

Authors

  • M. Taufiq Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Peusangan pada konsep kalor kelas X semester genap melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle. Metode Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi  eksperiment), dengan desain penelitian pretest postest group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan metode tes dan instrumen yang digunakan sebagai penilaian berupates obyektif pilihan ganda (Multiple Choice Item Test). Berdasarkan  hasil  uji  hipotesis  yang telah  dilakukan  dengan  uji-t  ditemukan  bahwa  terdapat pengaruh pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Lerning Cycle pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan, dari hasil analisis data ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 20,23  > 1,70 sehingga thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 2 peusangan tahun pelajaran 2016/2017

 

Kata Kunci : Pembelajaran Learning Cycle, Kemampuan Berpikir kritis, Konsep Kalor

References

Ahmad, Arief. 2007. Memahami Berpikir Kritis. http://re-searchengines.com/1007arief5.html: diakses tanggal 22 Mai 2017.

Baihaqi & Afriadi. 2011. Pengembangan Model-Model Pembelajaran IPA. Bireuen: Universitas Almuslim.

Kanginan, Marthen. 2006. Fisika 1A Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Lipurtriyoso. 2012. Contoh Skripsi Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Think-Talk-Write SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2010/2011. http://lipurtriyoso.wordpress.com/: diakses tanggal 11 Mai 2017.

Subana dkk. ( 2005). Statistik Pendidikan Edisi ke II. Bandung: Pustaka Setiawan.

Suryabrata (2011). Metodelogi Penelitian, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Published

2019-01-01