EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UMUSLIM PADA MATA KULIAH GEOLOGI UMUM
Abstract
Berdasarkan hasil analisis mata kuliah geologi umum, substansi materinya sangat banyak, tidak mungkin dikejar dengan pertemuan tatap muka di ruang kelas yang hanya terbatas 16 kali pertemuan dalam satu semester. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan dengan memanfaatkan teknologi multimedia melalui penggunaan modul berbasis blended learning yang sifatnya mahasiswa belajar secara mandiri, waktu tidak terbatas serta proses pembelajaran dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang hasil belajar dan aktivitas mahasiswa Pendidikan Geografi semester I pada mata kuliah geologi umum tahun akademik 2019/2020. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan hasil aktivitas mahasiswa diperoleh dari interaksi mahasiswa dengan dosen. Sumber data dalam penelitian adalah mahasiswa semester I yang mengikuti mata kuliah geologi umum yang berjumlah 12 orang. Gambaran hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang memperoleh nilai sangat memuaskan atau nilai “Aâ€, ≥85 pada siklus I sebesar 42% meningkat menjadi 58% pada siklus II. Disamping itu, hasil aktivitas mahasiswa pada siklus siklus 1, yang aktif dalam bertanya sebesar 67% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Selanjutnya mahasiswa yang kurang aktif dalam bertanya sebesar 33% pada siklus I, menurun menjadi 0% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan modul berbasis blended learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Geologi Umum.
Â
Kata Kunci: Modul , Blended Learning, Hasil Belajar.
References
Aisyah & Muthmainna. 2019. Pengaruh Penggunaan Modul Digital Berbasis Gambar pada Mata Kuliah Geomorfologi Umum Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Almuslim. Diterbitkan di Jurnal Variasi, Volume 11, Nomor 3 September 2019.
Harding, A., Kaczynski, D. & Wood, L.N. 2005. Evaluatin of Blended Learning: Analysis of Quantitative Data, UniServe Science Blended Learning Symposium Proceedings:
Rusman. 2006. Model-model pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yokyakarta: Safiria Insania Press.
Siteupu, B.P. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publishing.
Sudjono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ni’matul Khoiroh, Munoto, dan Lilik Anifah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. diterbitkan pada Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10, Nomor 2, September 2017, online. Akses tanggal 19 November 2019.