KETERAMPILAN BERCERITA DONGENG SISWA KELAS II SD DESA PULOKITON KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN
Abstract
Penelitian ini berjudul “Keterampilan Bercerita Dongeng Siswa Kelas II SD Desa Pulokiton Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas II SD di Desa Pulokiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen yang mengalami kesulitan dalam bercerita dongeng hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi dongeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang keterampilan bercerita dongeng siswa kelas II SD di Desa Pulokiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah data hasil belajar siswa dan data respon siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas II SD di Desa Pulokiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen yang berjumlah 5 orang. Data dikumpulkan dengan dengan teknik tes dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keterampilan bercerita dongeng siswa kelas II SD di Desa Pulokiton, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen adalah 73 yang berada pada kategori cukup. Dengan rinciaan persentase yaitu satu orang siswa mendapatkan nilai 85 dengan persentase 20%, satu orang siswa mendapatkan nilai 80 dengan persentase 20%, dua orang siswa mendapatkan nilai 70 dan satu orang siswa mendapatkan nilai 60 dengan persentase 60%.
Kata kunci: Keterampilan bercerita dongeng.