ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS TERPADU BAGI SISWA KELAS VIII/2 MTsN 5 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
embelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Berdasarkan hasil observasi awal siswa, kebanyakan dari mereka mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran disebabkan metode yang digunakna masih metode lama seperti ceramah. Lemahnya pengetahuan siswa dapat diketahui dengan rendahnya nilai ujian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari perspektif penelitian atau sudut pandang. Partisipan adalah orang-orang yang diajak wawancara, diobservasi, diminta memberikan data, pendapat, pemeikiran dan implikasinya. Data dikumpulkan melalui para informan yang ada yaitu guru IPS, kepala sekolah dan beberapa pihak yang berkaitan langsung dengan penelitian ini. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru IPS dari tujuh sekolah yang berbeda menunjukan bahwa permasalahan pembelajaran IPS yaitu perilaku disruptif siswa, kurangnya sarana dan prasarana sekolah, kesulitan memahami materi di uar bidang ilmu dan metode pembelajaran kurang kreatif.
Kata Kunci : Analisis, Problematika, IPS, Terpadu.