PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED BERDASARKAN GENDER SISWA
Abstrak
Pembelajaran materi dimensi tiga sebelumnya banyak mengalami kendala, terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu penyebab adalah karena metode yang digunakan guru kurang sesuai. Penggunaan pendekatan open-ended merupakan salah satu alternatif lain untuk dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa. Pendekatan Open-Ended merupakan suatu upaya pembaharuan pendidikan matematika yang pertama kali dilakukan oleh para ahli pendidikan di Jepang. Pendekatan Open ended adalah pendekatan berbasismasalah, dimana masalah yang digunakan adalah masalah terbuka. Masalah terbuka adalah masalah yang memiliki lebih dari satu jawaban benar. Sehingga melatih siswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan soal matematika. Pembelajaran matematika di sekolah yang melibatkan siswa laki-laki dan perempuan, setiap anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda.Oleh karena itu peneliti menerapkan penelitian ini dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan open ended materi Dimensi tigakelas X SMA Negeri 3 Bireuen. Penelitian inidilaksanakan di SMA Negeri 3 Bireuen Bireuen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen) yaitu dengan kelopok esperimen dan kelompok kontrol. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA negeri 3 Bireuen. Peningkatan yang terjadi sebelum dan sesudah pemelajaran dihitung dengan rumus g (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis dan hasil belajar siswa berdasarkan gender siswa dengan menerapkan pendekatan open ended.
Kata Kunci: Pendekatan Open ended, Kemampuan Berfikir Kreatif, Hasil Belajar Siswa
Referensi
Munandar. S. C. U. (2004) Kreatifitas dan keberbakatan. Jakarta: Gramedia.
Ramadan. (2010). Perbedaan tindak tandu kanak lelaki dan perempuan. http://ramadan.detik.com/read/2010/09/28/131541/1450341/764/perbedaan-tindak-tandukanak-lelaki-dan-perempuan. (Online), diakses 27 November 2012
Thienhuong. N. Hoang. (2008). The effects of grade level, gender, and ethnicity on attitude and Learning environment in mathematics in high school. www.iejme.com (jurnal online), diakses 23 November 2012
Kusumah. Y.S (2008) Beberapa Pendekatan Dalam Di Sekolah Menengah .Makalah Disampaikan Dalam Seminar Pendidikan Yang Diselenggarakan Oleh MGMP Matematika Kabupaten Sumbang Pada Tanggal 6 Febuari 2008.
Suherman, Erman. Dkk (2003). Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer.Universitaspendidikan Indonesia.
Sutawijaya, A. (2005) MakalahUtamaSeminar Nasioanal. Malang.:Universitas Negeri Malang
Mina, E.(2006). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan BerpikirKreatif Matematik Siswa Bandung.Tesis.PPs UPI Bandung