UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI STATISTIK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JANGKA
Abstrak
Dalam pembelajaran mata pelajaran matematika pada jenjang pendidikan SMA terdiri dari beberapa materi diantaranya materi-materi tersebut adalah materi statistik dari hasil observasi awal dan wawancara langsung dari salah satu guru di Sma negeri 1 Jangka, para siswa Sma negeri 1 Jangka mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal yang disajikan, dengan kata lain siswa kurang mampu mengkomunikasikasikan permasalahan yang diberikan kepadanya sehingga sulit memberikan solusi terhadap persoalan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada materi statistik di kelas X1 Sma negeri 1 Jangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 Sma negeri 1 Jangka yaitu 21 siswa semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Subjek wawancara adalah 5 orang siswa dengan kriteria 2 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang, dan 1 orang siswa berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes, lembar observasi, wawancara dan catatan lapangan. Dari Hasil tes akhir siklus 1 diperoleh data siswa yang mendapatkan skor 65 sebesar 57,14%, sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran diperoleh persentase 80%. Dengan demikian kriteria keberhasilan belajar siklus 1 belum tuntas. Maka peneliti melanjutkan tindakan siklus 2. Dari Hasil tes akhir siklus 2 diperoleh data siswa yang mendapatkan skor 65 sebesar 85,71%, sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran diperoleh persentase 80%. Dengan demikian kriteria keberhasilan belajar dan proses pembelajaran siklus 2 sudah tuntas. Maka pembelajaran siklus 2 sudah mencapai target yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining yang telah dilaksanakan dikelas XI IPA 2 Sma negeri 1 Jangka tahun pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistik.
Kata kunci: Kemampuan komunikasi Matematis, student facilitator and explaining.
Referensi
Ansari, Bunsu I. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: yayasan Pena.
Baskoro, Edi Prio. 2008. Media Pembelajaran. Cirebon: Swagati Press.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Johar, Rahmah dan Zabainur, Cut Morina. 2009. Model-Model Pembelajaran dan Media Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Unsyiah Press
Maidiyah, E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: UniversitasSyiahkuala
Moleong, J. Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mufrika, tika. 2011. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. (online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bits tream/123456789/1355/1/98866-TIKA MUFRIKA-FITK.pdf, di akses 14 maret 2014
Nasution, Hamni Fadlilah. 2013. Pembelajaran Dengan Pendekatanmatematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa Smp Di Kota Padangsidimpuan. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Nuraina. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (Tgt) di Kelas VIII Smp Negeri 1 Gandapura kabupaten Bireuen. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.
Nurhayati, Eti. 2010. Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung: Batic Press.
Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Kencana Prenada: Jakarta
Santa, Mika a. Suarjana, Md. dan Sudatha, Gde w. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II sd negeri 2 gianyar. (online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105393 & val=1342 & title=), di akses 20 maret 2014
Soedyarto, Nugroho dan Maryanto. 2008. Matematika untuk SMA dan MA Kelas X1 Program IPA. Jakarta: Pusat Pembukuan.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhaedi, Didi. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. (online), (http://eprints.uny.ac.id/7541/), di akses 14 Maret 2014