PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII-IPA-A PADA MATERI AKTIVITAS GERAK RITMIK DI SMA NEGERI 1 BIREUEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Penulis

  • Adi Satria SMA Negeri 1 Bireuen

Abstrak

Penelitian ini dengan judul “Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPA-A pada Materi Aktivitas gerak ritmik di SMA Negeri 1 Bireuen Semester I Tahun Ajaran 2015/2016” yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Penerapan media audio visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPA-A pada Materi Aktivitas gerak ritmik di SMA Negeri 1 Bireuen Semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu siswa kelas XII IPA-A SMA Negeri 1 Bireuen Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa.Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pre-test pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran, selanjutnya dikenakan perlakuan media audio visual pada materi aktivitas gerak ritmik selama 2 jam pelajaran dengan 1 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran, diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 10 orang (30,55%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 25 orang (69,45%), hasil observasi terdapat aktivitas peneliti pada tindakan siklus I mencapai skor 72,72% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 71,85%. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II diperoleh siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 4 orang (11,12%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 31 orang (88,88%), hasil observasi terhadap aktivitas peneliti pada tindakan siklus II memperoleh skor 84,54% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 88,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII-IPA-A SMA Negeri 1 Bireuen semester I Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi aktivitas gerak ritmik . Kata Kunci: Materi Aktivitas gerak ritmik, Media audio visual

Referensi

Asrori, 2007. Penelitian tidakan kelas. Bandung: Wacana Prima.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grofindo Persada Jakarta : Grafindo Pers.

Cecep, dkk, 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Djamarah,dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong Lexy, J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurmayanti. 2011. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigasi (GI) Dalam Menggunakan Pemahaman Konsep Kalor Pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bireuen. Skripsi (tidak dipublikasikan). Matangglumpangdua: Universitas Al-muslim.

Sadiman, A.S, dkk. 2011. Media Pendidikan dan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Prose belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Temple, Charles et all. 2001. The Bigining of Writing. Boston: Allin and Bacon, Inc.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam.

Diterbitkan

2016-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel