UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI MACAM-MACAM BUDAYA POLITIK DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGASI (GI) DI SMA NEGERI 1 PEUDADA
Abstrak
Laporan hasil penelitian ini menyangkut dengan hasil belajar siswa pada materi Macam-macam budaya politik di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Macam-macam budaya politik di Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigasi (GI) di SMA Negeri 1 Peudada.” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI pada materi Macam-macam budaya politik di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigasi (GI) di SMA Negeri 1 Peudada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) hasil test, yang meliputi tes awal dan tes akhir, (2) hasil pengamatan (observasi), yang meliputi pengamatan (observasi) terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, (3) hasil wawancara dengan responden penelitian, (4) hasil catatan lapangan dengan subjek penelitian siswa kelas XI 3 MAT @ IPA SMA Negeri 1 Peudada yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian pada akhir siklus I, siswa yang mendapatkan nilai ≥ 78 baru mencapai 66,66% dan siswa yang memperoleh nilai < 78 adalah 33,34%, dan ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat belum berlangsung dengan baik, diperoleh persentase rata-rata adalah 71,85%. Sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mendapatkan nilai ≥78 adalah sebanyak 18 orang, dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥78 adalah 85,71%, ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 82,68%. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar serta hasil belajar siswa kelas X pada materi Macam-macam budaya politik di Indonesia di SMA Negeri 1 Peudada. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Macam-macam budaya politik di Indonesia, Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI).Referensi
Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Rafika Aditama
Moleong, lexy J.2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sainuddin. 2009. Model Pembelajaran Group Investigasi. (online), (http://teorikuliah.blogspot.com/2009/09/Model-pembelajaran-group-investigasi-tv-tujuan-dan.html,)
Susilaningsih, Anis. 2009. PTK Pembelajaran PKN di Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Surakarta. (http://etd.eprints.ums.ac.id/4811/1/A410050199.pdf).
Trianto. 2009. Mendesains Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam
Wordpress. 2008. Macam-macam budaya politik di Indonesia(online), http://guru.wordpress.com/2008/11/22/Macam-macam budaya politik di Indonesia. pada makhluk hidup/,).