UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS-C PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DI SMA NEGERI 1 BIREUEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Penulis

  • Hafnidar Hafnidar SMA Negeri 1 Bireuen

Abstrak

Laporan hasil penelitian ini menyangkut dengan prestasi belajar pada materi pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan Model Pembelajaran Open Ended yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS-C Pada Materi Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Open Ended di SMA di Negeri 1 Bireuen Tahun Ajaran 2015/2016.” Tujuan penelitian ini adalah untuk Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS-C Pada Materi Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Open Ended di SMA di Negeri 1 Bireuen Tahun Ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) hasil test, yang meliputi tes awal dan tes akhir, (2) hasil pengamatan (observasi), yang meliputi pengamatan (observasi) terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, (3) hasil wawancara dengan responden penelitian, (4) hasil catatan lapangan dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS C SMA Negeri 1 Bireuen yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian pada akhir siklus I, siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 16 orang. Dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 64% dan 9 orang siswa yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 36%, dan ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat belum berlangsung dengan baik, diperoleh persentase rata-rata adalah 74,16%. Sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 21 orang. Dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 adalah 84% dan 4 orang siswa yang memperoleh nilai ≤ 80 adalah 16%, ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 84,16%. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Open Ended dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar serta Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS-C Pada Materi Pertidaksamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Bireuen. Kata Kunci: Materi Pertidaksamaan Kuadrat, Model Pembelajaran Open Ended

Referensi

A Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Group

Arikunto,Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barrowes. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Nur, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Konterporer. Jakarta: IMSTEP.

Tishman. 1993. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Trianto, 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Wirodikromo, S. 2006. Matematika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan

2015-10-30

Terbitan

Bagian

Artikel