UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENULISAN RESENSI SISWA KELAS XI IPA. H SMA NEGERI 1 BIREUEN DENGAN METODE KOLABORASI (COLLABORATIVE LEARNING) TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstrak
Hasil penelitian ini menyangkut dengan peningkatan kemampuan memahami prinsip-prinsip penulisan resensi siswa kelas XI dengan metode pembelajaran kolaborasi (collaborative learning) yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Prinsip-prinsip Penulisan Resensi Siswa Kelas XI IPA.H SMA Negeri 1 Bireuen dengan Metode Pembelajaran Kolaborasi (Collaborative Learning) Tahun Ajaran 2014/2015.” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami prinsip-prinsip penulisan resensi siswa kelas XI IPA.H SMA Negeri 1 Bireuen dengan metode pembelajaran kolaborasi (collaborative learning) Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui nilai siswa, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA. H SMA Negeri 1 Bireuen yang bejumlah 36 orang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 11 orang (30,55%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 25 orang (69,45%), ditinjau dari segi hasil observasi terhadap kegiatan guru yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh persentase adalah 76,36% dan pengamat II diperoleh persentase adalah 72,72%. Hasil observasi terhadap kegiatan siswa yang dilakukan oleh pengamat I diperoleh persentase adalah 68,33% dan pengamat II diperoleh persentase adalah 70%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat I dan II terhadap kegiatan guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata adalah 71,85%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 4 orang (11,12%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 32 orang (88,88%), ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 82,68%. Dengan demikian pemanfaatan Metode pembelajaran kolaborasi (collaborative learning) dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar pembelajaran penguasaan konsep pada materi Prinsip-prinsip penulisan resensi di kelas XI IPA. H SMA Negeri 1 Bireuen . Kata Kunci: Kemampuan Memahami Prinsip-prinsip Penulisan Resensi, Metode pembelajaran kolaborasi (collaborative learning).Referensi
Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. jakarta. Bumi Aksara. Faisal.
Artikel: http://ichaledutech.blogspot.com/2013/04/analisisls-data-dalampenelitian.html.
Keraf, Goris. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
Nurgintoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Mustaji. Jurnal: Desai Pembelajaran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi. Internet: http://pasca.tp.ac.id/site/desain-pembelajaran-dengan-menggunakanmodel-pembelajaran-kolaborasi-untuk-meningkatkan-kemampuanberkolaborasi).
Sagala, Saifl. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet
Tarigan, Hendri Guntur. 1983. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ahmad Tafsir. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Bandung: Maestro.
AG. Pringgodigdo dkk. 1993. Ensiklopedi Umum, Yogyakarta : Yayasan Kanisuius Arsyad.
Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa
Bobby De Porter. 2003. Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta : Universitas Terbuka
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja.
Rosdakarya Noelle C. Nelson, Jeannine L. Calaba, 2005. The Power of Appreciation. Terjemahan oleh Yulianto Rahmat. Jakarta: Buana Ilmu Populer Rahadi.
Rudi & Riyana, Cepi. 2007. Metode pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung : Wacana Prima.