PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X SMK NEGERI 1 JEUNIEB
Abstrak
Penyebab rendahnya nilai siswa SMK Negeri 1 Jeunieb dikarenakan siswa di kelas X SMK Negeri 1 Jeunieb belum sepenuhnya menguasai konsep- konsep materi Relasi dan Fungsi. Adapun alternatif pemechan masalah yang peneliti pilih dalam pelaksanaan penelitian yaitu dengan cara menerapkan Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada yang diajarkan dengan Model Konvensional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Jeunieb tahun 2015/2016. Pengambilan diambil secara Simpel Random sampling yaitu kelas X/BB dan kelas X/NKPI. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Analisis data dilakukan secara kuantitatif, untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t, maka hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh , yaitu . Sehingga dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada yang diajarkan dengan model Konvensional pada materi Relasi dan Fungsi dikelas X SMK Negeri 1 Jeunieb. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Pembelajaran Konvensional.Referensi
Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosudur penelitian suatu pendekatan praktis. Bumi Aksara, Jakarta
Arsyad, A (2011), Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Wali Pers
Aunurrahman ( 2011), Belajar dan Pembelajaran : Bandung; alfabeta.
Hernawati (2007), Penerapan model Pembelajaran Koeperatif Learning Tipe Think Pair Share:http://jurnalbidandiah.com/2012/04/pengertian-model-pembelajaran-student.html.diakses 06 Agustus 2015
Istarani. (2011) 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Johnson, E. B ( 2011), Contectual Teaching and Leaning (CTL) : Bandung : Kaifah.
Lisa.2012. peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemacah maalah matematika siswa
SMP Negeri lhokseumawe melalui pendekatan matematika Realistik. Tesis suprijono, agus 2009. Cooperative learning.” Teori dan Aplikasi PAIKEM: yogyakarta: pustaka pelajar.
Lukito, A, dkk ( 2014 ). Matematika. Jakarta: Kemdikbud
Mudyaharjo, Redja( 2006 ), pengantar pendidikan, jakarta: Raja Grafindo persada.
Rasana, R (2009) Model- Model Pembelajaran. Makalah. Singaraja: undiksha
Sagala, S (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung, alfabeta.
Sudjana, (2005), Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif dan R dan D. Bandug: Alfabeta Karya Pustaka.
Suyitno (2006). Menjelajah Pembelajara Inovatif. Surabaya : Masmedia buana Pustaka.
Syaodih Sukmadinata, Nana (2011) metode penelitian pendidikan: Bandung: Remaja rosdakarya.