PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR HIDROKARBON SISWA KELAS X SMA

Penulis

  • Ricki Yunandar Rousda Program Studi Farmasi Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa

Abstrak

Penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Media Komputer dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Hidrokarbon Siswa Kelas X SMAyang dilaksanakan pada Maret-Mei, 2013 di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian ekuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (2) apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (3) Apakah terdapat respon siswa penggunaan media komputer dan  model pembelajaran kooperatif pada materi hidrokarbon. Penelitian yang dilakukan dimana pada dua sekolah tersebut diambil dua kelas yang masing-masing kelas bertindak sebagai kelas eksperimen.Tes yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir yang terdiri dari 20 soal.Uji statistik yang dgunakan adalah uji t untuk melihat peningkatan dan SPSS One Way Anova untuk melihat interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (3) Terdapat respon siswa penggunaan media komputer dan  model pembelajaran kooperatif pada materi hidrokarbon.

 

Kata kunci :Media komputer, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar

Referensi

Arsyad, A. 2010.Media Pembelajaran.PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Costanzo, W. V. 1989. The Electronic Text: Learning to Write, Read and Reason with Computers. Englewood Cliffs: Educational Technology Publications

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D, dan Smaldino, S.E. 2002.Instructional Media and Technology for Learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Huda, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah KIMIA dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang.[Online].

Ibrahim, H. 1997. Media pembelajaran: Arti, Fungsi, Landasan Pengunaan, Klasifikasi Pemilihan, Karakteristik OHT, Opaque, Filmstrip, Slide, Film, Video, Tv, dan Penulisan Naskah Slide. Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengajar III-IV.FIP-IKIP Malang.

Nugroho, U., Hartono., Edi, S. S. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.Vol. 9 No. 5 Tahun 2009. Universitas Negeri Semarang

Pehkonen, E. (1997). The State of Art in Mathematical Creativity.Volume 29 (June 1997) Number 3, Electronic Edition ISSN 1615-679.

Salma & Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Kencana. Jakarta

Sasser, R. S. (1991), Effect of Using Computer Tutorial as Homework Assignments ini the Mathematics Achievment of Elementary Education Majors.Journal of Computer in Mathematics and Science Teaching.Volume 10, Hal. 95-102

Siswono, Y, E, T. 2008a. “Penjenjangan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berfikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika "Mathedu". ISSN 1858-344X, Volume 3 Nomor 1, Januari 2008, hal 41-52. Unesa University Press.

Slavin, E. R. 2008.Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek.Diterjemahkan oleh Nurulita Yusron.Penerbit Nusa Media. Bandung

Runggioro, V. R. (1998). The Art of Thinking. A Guide to Critical and creative Thought. New York

Yusuf, M. 0. (1997). “An Investigation into Teachers Competence in Implementing Computer Education in Nigeria Secondary Schoolâ€Journal of Science Teaching and Learning, 3: 54-63

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-11-29