UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA KELAS X SMA NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN KONSEP PERPINDAHAN KALOR
Abstrak
Rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa, aktivitas guru dan siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SMA Negeri 1 Peusangan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, 2) aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Generatif pada konsep Perpindahan kalor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Peusangan Selatan semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes awal dan tes akhir pada setiap siklus, lembar observasi, angket respon siswa, Teknik analisis data dengan menggunakan persentase. Hasil analisis data menunjukkan: 1) adanya peningkatan keterampilan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran Generatif pada setiap siklusnya. Siklus I 55%, siklus II 80% dan siklus III 95%; 2) aktivitas guru pada siklus I 71,66%, siklus II 85% dan siklus III 96,66%, tergolong dalam kategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70%, siklus II 83,33% dan siklus III 95,83% tergolong dalam kategori sangat baik.
Â
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Generatif
Referensi
Arikunto, S. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Liliwati & Puspita. 2010. Keterampilan Berpikir Kreatif. (Online) (http://www.google.co.id/search?g=keterampilan+berpikir+kreatif&og=keterampilan+berpikir+kreatif&ags=chrome, diakses 30 April 2014
Moleong, L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Resdakarya.
Kanginan. M. 2013. Fisika I Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka.
Sudjana , nana. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Supiyanto. 2003. Fisika untuk SMA kelas X. Jakarta. Phibeta.
Sutarman & Swasono. 2003. Pembelajaran Generatif. (Online) (http://guraru.org/guru-berbagi/model-pembelajaran), diakses 8 Agustus 2014
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.