KORELASI MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VIDEO DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GEJALA ALAM DI KELAS V SD NEGERI 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Ahmad Ahmad Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim Bireuen
  • Rahmi Rahmi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim Bireuen

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan selama ini pembelajaran IPS berorientasi buku teks pembelajaran berpusat pada guru mengakibatkan siswa menjadi pasif yang menyebabkan motivasi belajar IPS menjadi rendah. Perlu adanya kajian melihat ada tidaknya peranan media berbasis video mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa menggunakan media berbasis video dengan hasil belajar koqnitif siswa pada materi gejala alam. Penelitian ini tergolong jenis penelitian asosiatif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V, teknik pengambilannya Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi untuk melihat pengaruh motivasi dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan data diperoleh nilai koefisien korelasi yaitu 0,616 nilai rtabel product momentsebesar 0,553 rhitung > rtabel.  Sedangkan thitung > ttabel yaitu (2,814 >1,771 ). Sehingga Ha diterima Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa menggunakan media berbasis video dengan hasil belajar koqnitif siswa pada materi gelaja alam di kelas V SD Negeri 1 Peusangan.

 

Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil belajar kognitif siswa, media berbasis video

Referensi

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Djamarah.B.Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati,Dkk.2010.Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada Press.

Kustandi,Cecep.Dkk. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Ruswandi, Dkk.2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri.

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Sadiman S.Arief. Dkk.1984. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supriatna,Nana 2007. Pendidikan IPS di SD,Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata Syaodih. 2005. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah,Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana

Uno.B.Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-01-01