KORELASI MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VIDEO DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GEJALA ALAM DI KELAS V SD NEGERI 1 PEUSANGAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan selama ini pembelajaran IPS berorientasi buku teks pembelajaran berpusat pada guru mengakibatkan siswa menjadi pasif yang menyebabkan motivasi belajar IPS menjadi rendah. Perlu adanya kajian melihat ada tidaknya peranan media berbasis video mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa menggunakan media berbasis video dengan hasil belajar koqnitif siswa pada materi gejala alam. Penelitian ini tergolong jenis penelitian asosiatif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Peusangan. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V, teknik pengambilannya Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi untuk melihat pengaruh motivasi dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan data diperoleh nilai koefisien korelasi yaitu 0,616 nilai rtabel product momentsebesar 0,553 rhitung > rtabel. Sedangkan thitung > ttabel yaitu (2,814 >1,771 ). Sehingga Ha diterima Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa menggunakan media berbasis video dengan hasil belajar koqnitif siswa pada materi gelaja alam di kelas V SD Negeri 1 Peusangan.
Â
Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil belajar kognitif siswa, media berbasis video
Referensi
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Djamarah.B.Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati,Dkk.2010.Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada Press.
Kustandi,Cecep.Dkk. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Ruswandi, Dkk.2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri.
Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta
Sadiman S.Arief. Dkk.1984. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Supriatna,Nana 2007. Pendidikan IPS di SD,Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukmadinata Syaodih. 2005. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah,Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana
Uno.B.Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara