UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII DALAM BERWAWANCARA DI SMP NEGERI 2 PEUDADA MELALUI METODE KOMUNIKATIF

Penulis

  • Mustafa Mustafa SMP Negeri 2 Peudada

Abstrak

Laporan hasil penelitian ini menyangkut dengan kemampuan siswa Kelas VIII dalam berwawancara di SMP Negeri 2 Peudada melalui pendekatan komunikatif yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII Dalam Berwawancara di SMP Negeri 2 Peudada Melalui Pendekatan Komunikatif.†Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan siswa Kelas VIII Dalam Berwawancara di SMP Negeri 2 Peudada melalui pendekatan komunikatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan  jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui nilai siswa, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peudada yang bejumlah 26 orang. Hasil penelitian pada akhir siklus I, 16 orang peserta sudah memenuhi nilai ketuntasan belajar yang penulis tetapkan, dengan demikian persentase ketuntasan pada pelaksanaan tindakan I adalah  61,53%, selanjutnya ditinjau dari hasil observasi yang ditinjau oleh 2 orang pengamat terhadap aktifitas guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata 71,85%. sedangkan pada akhir siklus II, 23 orang peserta sudah memenuhi nilai ketuntasan belajar yang penulis tetapkan, dengan demikian persentase ketuntasan pada pelaksanaan tindakan I adalah 88,46%, selanjutnya ditinjau dari hasil observasi yang ditinjau oleh 2 orang pengamat terhadap aktifitas guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata 82,68%. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran komunikatif dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar serta kemampuan siswa Kelas VIII dalam berwawancara di SMP Negeri 2 Peudada.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berwawancara, Pendekatan Pembelajaran Komunikatif

Referensi

Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Djamarah,dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sainuddin. 2009. Pengertian wawancara. (online), (http://teorikuliah.blogspot.com/2009/09/pengertian-wawancara-tv-tujuan-dan.html).

Siti. 2009. Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Prosa (sastra). (online), (http://kajiansastra.blogspot.com/2009/05/pendekatan-komunikatif-dalam.html).

Suwitno. 2011. Pendekatan Tes Bahasa. (online), (http://wagiransuwito.com/2011/07/20/pendekatan-tes-bahasa/).

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam

Diterbitkan

2017-01-01