UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 2 BIREUEN PADA MATERI KALOR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN - ENDED PROBLEM (MASALAH TERBUKA)

Penulis

  • Fatimah Fatimah Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim

Abstrak

Observasi awal di SMA Negeri 2 Bireuen didapatkan bahwa kemampuan siswa dalam bidang fisika masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya pembelajaran Fisika selama ini kurang memberikan perhatian terhadap pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan berpikir kreatif. Untuk mengatasi rendhnya kemampuan siswa tersebut, penulis melakukan sebuah penelitian dengan menerapkan model pembelajaran open-ended problem melalui sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bireuen dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data kemampuan berpikir kreatif, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa model pembelajaran open-ended problem (masalah terbuka) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa.

 

Keywords: Kemampuan berpikir kreatif, open-ended problem (masalah terbuka), kalor

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-08-01