MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN BENTUK BENTUK HUBUNGAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG

Penulis

  • Faizin Faizin Prodi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bentuk Bentuk Hubungan Sosial di Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagai mana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bentuk-Bentuk Hubungan Sosial  di Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng, Mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bentuk-Bentuk Hubungan Sosial  di Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng, serta untuk mengetahui bagaimana  respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bentuk-Bentuk Hubungan Sosial  di Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng, dengan jumlah siswanya 34 orang. Laki-laki berjumlah 10 orang sedangkan perempuan berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes, Observasi, Wawancara, catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Mendeskripsikan Bentuk-Bentuk Hubungan Sosial , Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa merasa senang dan bersemangat dalam belajar IPS terpadu karena dapat membuatnya untuk lebih giat belajar serta juga meningkat hasil belajar siswa dan sikap kerja sama antar siswa serta saling membantu dalam memahami materi yang sulit.

 

Kata kunci : Hasil Belajar  Siswa, kooperatif  tipe STAD

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattah, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Perpustakaan Online. 2008. Mendeskripsikan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk. (0nline) http://organisasi.org/jenis-macam-pengendalian-sosial-dan-pengertian-pengendalian-sosial, (diakses tanggal 26 Januari 2012).

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmadi. 2004. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Prose belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam

Yankcute. 2010. Keunggulan dan kekurangan pembelajaran kooperatif tipe STAD. (online), (http://yankcute.blogspot.com/2010/02/keunggulan-dan-kekurangan-pembelajaran.html, diakses 2 April 2012)

Zainurie. 2007. Pembelajaran Kooperatif. http://zainurie.files.wordpress.com. (diakses tanggal 26 Januari 2012).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-01-01