UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NISAM PADA MATERI PENGGOLOGAN HEWAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING

Penulis

  • Hambali Hambali Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim
  • Raiyani Raiyani

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Nisam pada materi penggolongan hewan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dua siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan melakukan tes hasil belajar siswa, observasi dan angket kepada siswa. Yang berjumlah 20 orang.   Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siklus I 55%, karena belum mencapai kriteria yang ditetapkan,  maka harus dilakukan pengulangan siklus. Pada siklus II menjadi 85% dan telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Hasil Observasi siklus I terhadap aktivitas guru diperoleh persentase  81% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96%. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I yaitu 83% meningkat menjadi 97% pada siklus II. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching mendapat respon yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran  Quantum Teaching

Referensi

Arikunto, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.

D. Porter dan kawan-kawan. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Haryanto. 2006. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Penertbit Erlangga.

Maidiyah .2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kanisius.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kasinus

Sugiyono .2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sudjiono. 2005 Kriteria Hasil Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop.

Sudjana. Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Slameto 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel