PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN COMPACT DISC OF MATH (CD-M) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS
Abstrak
Peranan media pembelajaran berupa Compact Disk (CD-M) sangat diperlukan bagi mahasiswa pendidikan matematika.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa compact disk (CD-M)berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis.Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester III Universitas Almuslim.serta beberapa dosen sebagai penilai atau validator ahli. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan compact disc of math (CD-M) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis. (2) Mendeskripsikan dampak penggunaaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan compact disc of math (CD-M) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan rincian: (1) Analisys (meliputi: analisis kurikulum, materi pembelajaran, teknologi dan laboratorium tempat uji coba), (2) Design (meliputi: penyusunan alur materi pembelajaran, penyusunan garis-garis besar isi media dan pembuatan desain tampilan media) (3) Development (meliputi: Penyiapan bahan materi dan tampilan media pembelajaran, pengembangan media pembelajaran dan pengemasan media pembelajaran dalam bentuk Compact Disk (CD) pembelajaran matematika), (4) Implementation (meliputi: uji coba kelas kecil dan penerapan dalam kelas pembelajaran) dan (5) , Evaluation (meliputi: analisis hasil penilaian dari ahli dan siswa, serta analisis hasil pretes dan postes. Instrumen yang telah disusun berupa kisi-kisi soal dan butir soal tes, RPP yang telah dirancang untuk 2 kali pertemuan sesuai dengan materi yang telah direncanakan. Tahap selanjutnya yang akan tim laksanakan adalah pengolahan data pretest dan postest untuk mengetahui bagaimana hasil dari penelitian yang telah diadakan dan bagaimana peningkatan kemampuan berfiir kreatif matematis pada matakuliah Geometri pada mahasiswa semester IV Universitas Almuslim Matanglumpang dua. Peningkatan yang terjadi sebelum dan sesudah pembelajaran dihitung dengan rumus g (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berfikir kreatif dengan menerapkan media pembelajaran berupa Compact Disk (CD-M)
Â
Kata kunci: Multimedia, compact disc of math (CD-M) , kemampuan berfikir kreatif matematis.
Referensi
Arsyad, A. 2007.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jamaludin. 2013. Penerapan Pembelajaran Matemátika Berbasis Pengajuan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. PPs. Universitas Negri Medan
Tatag, Siswono. 2012. Peneingkatan kemampuan berfikir kreaif siswa. e-journal UNP.(online).ejournal.unp.ac.id, diakses 20 Mei 2016.
Rahmawati. 2015. Desain Media Animasi Berbasis Multimedia untuk mengembangkan daya ingat memori jangka panjang mahasiswa pendidikan biologi.Variasi. Volume 5: April
Sadiman, A.S., R. Raharjo, A. Harjono, Rahardjito.2008. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyudi, Eko. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri Mojoagung. (Online). (http://library.uns.ac.id, Diakses 2 Mei 2016.