PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI SISTEM HORMON MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Tutiliana Tutiliana Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini tentang: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL) terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa pada Materi Sistem Hormon Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 tanggal 1 s/d 17 Februari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL) terhadap hasil belajar dan retensi siswa materi sistem Hormon manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Peusangan  yang terdiri dari 5 kelas dan yang menjadi sampel penelitian menetapkan kelas XI IPA3 dengan jumlah siswa 33 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA4 dengan jumlah siswa 30 sebagai kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan non parametric Uji Mann Whitney menunjukkan Zhitung < Ztabel yaitu 0,024 < 0,05, maka H1 diterima.  Nilai rata-rata retensi kelas kontrol dengan penerapan metode ceramah diperoleh siswa yang mempunyai daya retensi tinggi berjumlah 16 orang siswa dengan persentase 48,48%, sedang berjumlah 12 orang siswa dengan persentase 36,36%, dan rendah berjumlah 5 orang siswa dengan persentase 15,15% dan nilai rata-rata retensi kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning diperoleh siswa yang mempunyai daya retensi tinggi berjumlah 24 orang siswa dengan persentase 80%, sedang berjumlah 4 orang siswa dengan persentase 13,33%, dan rendah berjumlah 2 orang siswa dengan persentase 6,66%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar dan retensi siswa materi sistem Hormon manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning  (CTL), Hasil Belajar, Retensi Siswa, Materi Sistem Hormon Manusia.

Referensi

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Lubis & Manurung. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Pada Pelajaran Biologi di SMP Swasta Muhammadiyah Belawan.1 (3) (online), (http//journal.unnes.ac.id/nju/index.php/J), diakses 15 Januari 2015.

Marhadi. 2012. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Retensi Siswa Dalam Pembelajaran IPA kelas V SDN 130 Pekanbaru. 1 (3) (online), (http//journal.unnes.ac.id/nju/index.php/J), diakses 10 Oktober 2015.

Mauke. M. W. Sadia & W. Suastra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran CTL terhadap PemahaSMA NEGERI 1Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara 12 (3). (online), (http//journal.unnes.ac.id/nju/index.php/J), diakses 10 Oktober 2015.

Rusman. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran CTL. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Siti. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Terhadap Retensi Siswa Dalam Tatanama Ilmiah Pada Konsep Jamur. 1 (1) (online), (http//journal.unnes.ac.id/nju/index.php/J), diakses 15 Oktober 2015.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Suprijono A. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Amplikasi Pakem. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2009 . Mendesaian Model-Model

Pembelajaran Inovatif/Progresif. Jakarta : Predana Media Group.

Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel