ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MATEMATIKA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 2 PEUSANGAN
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa saat ini mengalami penurunan, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada saat ini masih dibawah kriteria ketuntasan maksimal. Hasil belajar siswa rendah disebabkan oleh ada beberapa faktor, salah satu nya adalah kurangnya penguasaan konsep pertidaksamaan nilai mutlak dan minat belajar yang kurang sehingga tidak termotivasi untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat minat belajar siswa dan mengobervasi kegiatan siswa dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap materi pertidaksamaan nilai mutlak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini terdapat suatu pembelajaran yang diterapkan pada siswa lalu menganalisis tingkat minat belajar siswa baik dari segi kesukaan, ketertarikan,perhatian dan keterlibatan. Kegiatan yang dilakukan dari penelitian ini adalah kegiatan yang diobservasi melalui aktivitas siswa dan pembagian angket untuk menilai minat siswa. Hasil yang diperoleh adalahpersentase rata-rata untuk aktivitas siswa sebesar 80 % maka tergolong dalam kategori baikdan analisis minat siswa termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 80 %. Oleh karena itu, dengan penerapan model pembelajaran two stay two straypada materi pertidaksamaan nilai mutlak di kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Peusangan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Â
Kata Kunci: Model Two Stay Two Stray, materi pertidaksamaan nilai mutlak, minat belajarReferensi
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moleong,Lexy. 2006. Metodelogi penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Purwanto, M. N. 2016. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruh. Jakarta :Rineka Cipta.
Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,R & D). Bandung:Alfabeta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group