PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMPAH PEMUDA DI KELAS VIII. 4 MTsN 1 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstrak
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya, hasil belajar juga tidak terlepas dengan minat belajar. Minat belajar merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam meningkatkan hasil belajar siswa didalam proses belajar mengajar, demikian juga dalam pembelajaran PKn sangat diperlukan minat belajar siswa untuk mencapai prestasi yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan hasil belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa; dan 3) respon siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi sumpah pemuda di MTsN 1 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. 4 MTsN 1 Bireuen yaitu 28 siswa pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Siklus I 78%, siklus II 85%, dan siklus III 90%; 2) aktivitas guru pada siklus I 82%, siklus II 84%, dan siklus III 87%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 80%, siklus II 83%, dan siklus III 86%; dan 3) respon siswa melalui penerapan pembelajaran CTL berbasis powerpoint menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata 91%. Jadi dalam pembelajaran Model Jigsaw bisa diterapkan, untuk mengembangkan penalaran dan menumbuhkan semangat kerjasama antar siswa serta keberanian mengeluarkan pendapat.
Â
Kata Kunci: Jigsaw, Hasil belajar, Sumpah pemuda
Referensi
Arikunto, S, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya : Penerbit InsanCendekia
Djaali. 2008. Pengukuran dalm Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo
Dimyati,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Kerlinger, Fred N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia