MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII.1 MTsN 6 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstrak
Rendahnya prestasi belajar Matematika merupakan suatu masalah di MTsN 6 Bireuen. Pemahaman siswa tentang pelajaran matematika adalah suatu pelajaran yang sulit dipahami, dikarenakan banyak rumus-rumus serta cara penyelesaiannya juga sulit. Hal ini bermula dari kesulitan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 MTsN 6 Bireuen semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data tes hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tes hasil belajar siklus I persentase ketuntasan 55% sedangkan siklus II persentase ketuntasan siswa meningkat mencapai 75%. Serta Pada siklus I aktivitas guru 83% meningkat pada siklus II yaitu 85%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I adalah 53% dan meningkat pada siklus II yaitu 76%. Dan juga respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning yaitu sebesar 81% siswa sangat setuju. Jadi pengunaan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Â
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Discovery Learning, Pola Bilangan
Referensi
Arikunto, S, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta : Diva Press.
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran . Jakarta Rajagrafindo.
Abdurrahman. 2002. Matematika untuk SMP/MTs Kelas 2. Jakarta: Erlangga
Agus Sujanto. 2004. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta