PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PEUSANGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi hidrosfer, siswa kelas VII SMP Negeri 5 Peusangan. Sampel penelitian menggunakan dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing 17 dan 15 siswa. Data di analisis dengan statistic t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperati tipe Think Pair Share dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi hidrosfer. Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII1 sebelum dan sesudah penerapan model koopratif tipe TPS ( = 6.8 dan 14.6) dan siswa kelas VII2 sebelum dan sesudah penerapan model koopratif tipe NHT ( = 6.4 dan 14.4).
Kata Kunci : Think Pair Share, Numbered Head Together.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Buku ajar Mahasiswa. Surabaya : Universitas Negri Surabaya.
Irianto, Agus. 2003. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Padang : kencana.
Kagan, Spencer. 1992. Cooperative Learning. San Juan Capistrano: Kagan Kooperatif Learning.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
Purwanto. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Setiawati, Woro. 2010. “Studi komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 5 Magelang Tahun ajaran 2010/2011”.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2008. Prosedur Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2011. Metode Penelitiamn Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-Model pembelajaran Inovatif Beriontasi Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Renada Media Group.
Trianto, dkk. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban pendidikan Menurut UU Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Winarno. 2006. Seribu Pena Geografi, Jakarta : Erlangga.