KORELASI KECERDASAN JAMAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 DEWANTARA

Penulis

  • Zahara Zahara

Abstrak

Selama ini berbagai pihak mulai mempertanyakan dan meragukan konsep Intelligence quotient (IQ), terutama hubungannya dengan prestasi di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kecerdasan jamak dengan prestasi belajar  siswa SMP Negeri 1 Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa yang berasal dari kelas VII sampai kelas IX. Sampel diambil dengan teknik acak (random sampling). Data multiple intelligence siswa diperoleh melalui instrumen yang diadaptasi dari Ivanco (2000), sedangkan data prestasi belajar siswa merupakan hasil dokumentasi nilai rapor siswa pada semester genap 2012/2013. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan jamak siswa dengan prestasi belajar  siswa SMP Negeri 1 Dewantara.

 

Kata kunci: Kecerdasan jamak, Prestasi belajar siswa

Referensi

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hardiani, N. 2007. Hubungan pola asuh, status gizi, tingkat konsumsi energi, dan protein dengan psikomotor anak usia 24-30 bulan di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Kedung Tuban Kabupaten Blora. Thesis, Universitas Negeri Malang.

IKIZ, FE & ḈAKAR, FS. 2010. The relationship between multiple intelligences and aacademic achievements of second grade students’. Mahmed Akif Ṻniversitesi Sosyal Bilimler Enstitṻsṻ Dergisi, 2(3) 83-92.

Lazaer. 2000. Celebrating Student Achievement: Assessment and Reporting. Frenchs Forest NSW: Pearson Education

Munandar, U. 2000. Cerdasa dan Cemerlang. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nisfiannoor, M.,2009. Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Salemba Humanika

Purwanto. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmawati, H. 2011. Kecerdasan Jamak. diakses 12 Maret 2013; http://herlenarahmawati.file.com/2011/10/kecerdasan-jamak.html

Sardirman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, NS. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda

Suryabrata, S. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Uno, HB. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Winkel. 1994. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Rajawali Press

Diterbitkan

2016-01-26