PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN (TUTORIAL) PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DENGAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO
Abstrak
Praktikum mata kuliah sistem informasi geografis (SIG) selama ini tidak dapat dilaksanakan secara maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya materi teori yang harus dipelajari oleh mahasiswa dan belum terbiasanya mahasiswa menggunakan komputer. Salah satu solusi yang dapat dilaksanakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan video pembelajaran interaktif. Pengembangan video pembelajaran interaktif pada mata kuliah SIG melalui dengan menggunakan Camtasia Studio dilaksanakan dengan metode four-D, yaitu define, design, develop dan dissemination. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh bahwa skor rata-rata validasi terakhir untuk media (video) maupun materi SIG adalah 4.5 dengan kriteria sangat baik. Selanjuntanya mahasiswa juga memberikan respon positif terhadap video pembelajaran interaktif mata kuliah SIG dengan rentang persentase tanggapan positif dari 68.57% sampai 100,00%. Selain itu, sebagian besar mahasiswa mendapatkan hasil belajar dengan kriteria baik (51.42%) dan sangat baik (14.28%). Sebagai tambahan, seluruh indikator kinerja pengembangan video pembelajaran interaktif pada media SIG tercapai, kecuali pada indikator persentase kehadiran mahasiswa yang hanya mencapai 85.36%.
Kata Kunci: GIS, Video Pembelajaran, Tutorial
Referensi
Andriani, D. 2003. Pemanfaatan paket multimedia dalam sistem pembelajaran jarak jauh: pengalaman Universitas Terbuka, dalam Teknologi Pembelajaran: Upaya peningkatan kualitas dan produktivitas SDM. Dewi Padmo (Ed.). Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Fanani, H.H., Basofi, A. & Arifin, F. 2010. Sistem informasi geografis untuk pemetaan alumni PENS-ITS, (Online). (http://www.eepis-its.edu/uploadta/downloadmk.php?id=1025), diakses 26 Agustus 2013.
Haseno, E & Tampubolon VIR. Desember 2007. Aplikasi Sistem Informasi Geografis dalam Pemetaan Batas Administrasi, Tanah, Geologi, Penggunaan Lahan, Lereng, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Daerah Aliran Sungai di Jawa Tengah menggunakan Software arcView GIS. Majalah Ilmiah UKRIM Edisi 1, hlm. 63-80.
Kaswidjanti, W., Santosa, B & Wicaksono, R.S. 2008. Sistem informasi geografis pemetaan fasilitas kesehatan di Kota Magelang berbasis WEB, dalam Seminar nasional Informatika 2008 (semnasIF2008) UPN “Veteran” Yogyakarta.
Keumala, B. 2004. Seri Penuntun Praktis Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Kompetindo.
Kisweantoro, P. 2010. Tutorial Multimedia Pembelajaran. (Online). (http://tutorial. pppkpetra.or.id/etutor/) camtasia/camtasia.pdf.
Niswa, A. 2012. Pengembangan bahan ajar mendengarkan berbasis video interaktif bermedia Flash kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 01(01): 1-18.
Prahasta, E. 2002. Sistem Informasi Geografis: Tutorial ArcView. Bandung: CV. Informatika.
Pribadi, B.A. & Putri, D.P. 2001. Ragam Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Purnomo, H. 1997. Pelayanan media audi visual suatu tantangan bagi pustakawan era reformasi. Makalah Seminar Nasional Pemanfaatan Jaringan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka.
Riduwan. 2010. Dasar-dasar Satistika. Bandung: Alfabeta.
Rao, V.K. 2001. Media Education. New Dehli: A.P.H. Publishing Corporation.
Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Windrati, N.K. & Asih. 2009. Program video interaktif: solusi mencapai kompetensi mata kuliah praktis rogram Studi Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 10(1): 30-37.
Wijayanto, R. 2010. Modul Camtasia Studio. (Online).(http://ictbatam. files. wordpress.com/2011/04/modulcamtasiastudio.pdf), diakses 26 Agustus 2013.