IMPLEMENTASI KEGIATAN LESSON STUDY PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS SD PADA PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN
Abstrak
Implementasi kegiatan lesson study dilatarbelakangi rendahnya kualitas perkuliahan pada mata kuliah pembelajaran IPS SD. Kegiatan lesson study bertujuan meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa diperkuliahan, meningkatkan kinerja dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar;meningkatkan kolegalitas antar dosen pengampu mata kuliah yang serumpundan membangun komunitas belajar antara dosen dengan dosen, dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa. Metode pelaksanaan kegiatan melalui tiga fase Plan, Do dan See dengan tahapan 4 siklus. Untuk setiap pertemuan dilakukan (Plan)perancangan pembelajaran bersama dengan kolega dosen lainnya, pada tahapan (Do) perencanaan yang telah dilakukan di implemetasi ke dalam perkuliahan pembelajaran IPS SD dengan mengundang observer dosen lainnya, pada tahapan selanjutnya (See) setelah terlaksanya perkuliahan direfleksikan bersama-sama dengan observer guna memperoleh kritikan yang konstruktivis, selama 4 siklus pelaksanaan perkuliahan terdapat peningkatan proses pembelajaran, kemampuan memberikan gagasan serta ide-ide dalam perkuliahan meningkat, setiap perkuliahan dilaksanakan direncanakan dengan matang, proses pembelajaran terlaksana telah mampu meningkatkan kinerja dosen dan kinerja mahasiswa dalam belajar.
Kata Kunci: Lesson Study, Pembelajaran IPS SD
Referensi
Burghes, D. & Robinson D. (2009:7) Lesson Study: Enhancing Mathematics Teaching and Learning. Improving subject pedagogy through Lesson Study Handbook for leading teachers in mathematicsand English
Cerbin, W. and Kopp. B. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching.International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2006, Volume 18, Number 3, 250-257.
Herawati Susilo 2012 ImplementasiLesson Study Di Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Prossiding Seminar Nasional dan Workshop Lesson Study 2012 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Palu-Sulawesi Tengah
Melville Wayne 2009. Collaborative, Reflective, and Iterative Japanese Lesson Study in an Initial TeacherEducation Program: Benefits and Challenges. Canadian Journal Of Education 32, 4 (2009): 734‐763
Lewis.Catherine. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher Led instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better School, Inc
Lewis, Catherine: Perry, Rebecca; and Murata, Aki. 2006. How Should Research Contribute to Intructional Improvement? The Case of Lesson Study. Educational Research 35 (3):3-14.
Lewis Catherine. C (2002:1) Brief Guide to Lesson Studywww.lessonresearch.net