EFEKTIFITAS METODE LISTENING GROUP BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA MATERI RESPON INTERNASIONAL TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XII IPS PADA SMA NEGERI 1 KUALA 2019 / 2020

Authors

  • Khairuddin Khairuddin SMA Negeri 1 Kuala

Abstract

“Efektifitas Metode Listening Group Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah pada Materi Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia  Kelas XII IPS pada SMA Negeri 1 Kuala 2019 / 2020” Rumusal masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran sejarah Pada materi Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas XII IPS Pada SMA Negeri 1 Kuala, Adakah perbedaan hasil belajar sejarah siswa antara penggunaan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sejarah Pada Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas XII. IPS Pada SMA Negeri 1 Kuala dan apakah metode pembelajaran Listening Group efektif terhadap hasil belajar sejarah Adakah perbedaan hasil belajar sejarah siswa antara penggunaan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sejarah Pada Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas XII. IPS Pada SMA Negeri 1 Kuala. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Menjelaskan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kuala Kecamatan Kuala Kabuapten Bireuen dengan menggunakan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran. Mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model Listening Group berbantuan Video pembelajaran dengan menggunakan model ceramah. Mengetahui efektifitas metode pembelajaran Listening Group berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan dua teknik dalam pengumpulan data, yaitu metode dokumentasi dan metode test. Adapun hasil penelitian ini adalah Rata-rata hasil belajar mata pelajaran sejarah untuk siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Listening Group berbantuan video Pembelajaran di SMA N 1 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen mencapai 80,4. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Lisntening Group berbantuan video pembelajran dan pembelajaran menggunakan metode ceramah menunjukkan hasil yang berbeda secara signifikan. Rata- rata kelas yang menggunakan metode ceramah memperoleh nilai 73,56. Metode Listening Group berbantuan video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar sejarah berdasarkan nilai rata-rata siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Listening Group berbantuan video yaitu 80,40 lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan metode ceramah yaitu memperoleh rata-rata 73,56.

Kata Kunci: Listening Group Berbantuan Video Pembelajaran, Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Published

2022-08-01