PENINGKATAN HASIL BELAJAR READING SISWA KELAS XI IPS.2 DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI SMA NEGERI 1 KUALA SEMESTER GANJIL TP 2019 / 2020
Abstrak
Penelitian ini berjudul ”Peningkatan Hasil Belajar Reading Siswa Kelas XI IPS.2 dengan Menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) di SMA Negeri 1 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen Semester Ganjil Tp.2019/2020.” Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan data tentang peningkatan keterampilan Reading dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa tes setiap akhir tindakan, tes akhir, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Kuala, mampu memahami reading dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Hasil observasi kegiatan guru siklus I diperoleh nilai rata-rata 76%, dan hasil observasi terhadap siswa diperoleh nilai 80%. Hasil observasi kegiatan guru siklus II diperoleh nilai 94,54%, dan hasil observasi terhadap siswa diperoleh nilai 98,18%. Hasil tes pada siklus I memperlihatkan siswa memperoleh nilai rata-rata 100% hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen mampu memahami reading dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Mengacu pada proses, dan tes akhir, terjadi peningkatan sangat signifikan.
Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Laporan Pengamatan, Numbered Head Together (NHT)