KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD DI DESA PANTE LHONG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SD di Desa Pante Lhong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SD di Desa Pante Lhong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD di Desa Pante Lhong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah keseluruhan adalah 10 siswa, prestasi skor yang diperoleh sangat bervariasi, yaitu untuk kemampuan membaca 3 siswa memperoleh nilai sangat baik, 6 siswa memperoleh nilai cukup, dan 1 siswa memperoleh nilai kurang. Sedangkan untuk kemampuan menulis 3 siswa memperoleh nilai sangat baik, 3 siswa memperoleh nilai baik, 3 siswa memperoleh nilai cukup, dan 1 siswa memperoleh nilai kurang. Jika nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan, kemampuan siswa kelas I SD di Desa Pante Lhong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen tergolong baik dalam membaca dan menulis permulaan.
Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Kemampuan Menulis Permulaan, Siswa Kelas I SD