PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN METODE COPY THE MASTER DENGAN MEDIA VIDIOAUDIO PADA SISWA KELAS IX-2 MTsN 10 BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Abstrak
Penelitian ini berjudul peningkatan kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas IX-2 MTsN 10 Bireuen. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang peningkatan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX-2 MTsN 10 Bireuen setelah diberi pembelajaran metode copy the master dengan media video audio.Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif yang bersifat deskriptif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 MTsN 10 Bireuen.Jumlah sampel ditetapkan sebanyak 20 orang.Teknik pengumpulan data terdiri dari tes awal, tes setiap akhir tindakan, dan tes akhir. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada tahap pratindakan yaitu pratindakan rata-rata sebesar 64,7, nilai rata-rata tersebut meningkat pada siklus I sebesar 75,85 dan masih perlu dilakukan pengulangan karena masih banyak siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 87,75. Dengan demikian pelaksanaan siklus II sudah berhasil dan tidak perlu dilakukan pengulangan.
Kata Kunci : Pengaruh, cerpen, copy the master, Siklus.