PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAKU-PELAKU EKONOMI

Penulis

  • Zahara Zahara
  • Maryana Maryana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan dalam materi pelaku-pelaku ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil tes, hasil observasi dan  hasil catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan yang berjumlah 35 orang. Adapun gambaran hasil penelitian, dimana hasil pelaksanaan tes pada siklus1  60% meningkat menjadi 88,6% pada siklus II. Disamping itu berdasarkan hasil pelaksanaan observasi yang dilakukan dua orang pengamat terhadap aktivitas guru, pada siklus 1 80% meningkat menjadi 92% pada siklus 2. Begitu pula hasil observasi kegiatan siswa, pada siklus 1 66% meningkat menjadi 88,5% pada siklus II. dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelaku-Pelaku Ekonomi Di Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan.

 

Kata kunci: pelaku-pelaku ekonomi, model pembelajaran kooperatif  Think Pair Share (TPS), hasil belajar.

Referensi

Arends. 1997. Langkah-langkah Metode Pembelajaan Jigsaw. http//www. gooegle.com.diakses

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Penada

Maleong, lexi j. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Diterbitkan

2016-01-26