PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR BENTUK AKAR DI KELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN
Abstrak
Proses pembelajaran saat ini perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru. Guru sangat berperan penting dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan, karena akan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar yang diinginkan pun dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw pada materi operasi aljabar bentuk akar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Bireuen yang berjumlah 39 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada pemberian tes hasil belajar pada siklus I dari 39 orang siswa hanya 56,41 % yang tuntas belajar mendapat nilai ? 65. Pada hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan kegiatan siswa telah diperoleh yaitu 78,89 % dan 77,78 % pada siklus I. Pada siklus II berdasarkan hasil tes telah mencapai 89,74 %. Hasil observasi pada kegiatan peneliti meningkat menjadi 91,15 % dan observasi aktivitas siswa menjadi 88,89 %, sehingga telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Dari hasil wawancara terhadap siswa, dengan menggunakan metode Quick on The Draw sangat bagus untuk diterapkan. Dengan demikian model pembelajaran Quick on The Draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi matriks di kelas X SMA N 2 Bireuen.
Kata kunci : Quick On The Draw, hasil belajar, aktivitas siswa
Referensi
Daradjat, Zakiah dkk. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.
Ibrahim,dkk.(2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Press
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Cipayung – Ciputat : Gaung Persada (GP) Press
Jhon M. Echols dan Hasan Shadly. 2002. Kamus Inggris- Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Indonesia
Lie,Anita. (2004). Cooperatif Learning. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia
Maidah, Erni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh. FKIP. Universitas Syiah Kuala
Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kulitatif.Bandung : PT.Remaja Rosda karya
Syahrir, Anshar. Pembelajaran Quick On The Draw. (Online) http://ansharsyahrir.blogspot.com/2012/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html). diakses 19 februari 2013
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.