PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TINDAKAN, PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DI KELAS VII SMP NEGERI 8 LHOKSEUMAWE

Penulis

  • Zahara Zahara

Abstrak

Penelitian mengambil judul ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tindakan, Prinsip Dan Motif Ekonomi DiKelas VII SMP Negeri 8 Lhokseumawe”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tindakan, Prinsip Dan Motif Ekonomi DiKelas VII SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tindakan, Prinsip Dan Motif Ekonomi DiKelas VII SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 8 kelas sebanyak 240 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas yaitu kelas VII3 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII1 dengan jumlah 25 siswa. Pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa sesudah pelaksanaan pembelajaran NHT ( 1=79,06 dan S1=10,28) dan nilai rata-rata siswa sesudah pelaksanaan pembelajaran konvensional ( 2=68,1 dan s2=17,53) selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi f=0,05. Hasil analisis diperoleh bahwa ternyata thitung>ttabel (2,27 > 1,68), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model NHT mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

________. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, N, 2007. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) Dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok) Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007, Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Hal: 72.

Djamara, S.B, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni, Ismail, 2002. Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal: 5-8;151-159.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung. Tarsito.

Sudjana, N. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & Dengan (3rd Ed.) Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A, 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal: 45-68.

Diterbitkan

2018-12-18