PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT LANGSUNG MENJADI KALIMAT TIDAK LANGSUNG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA SISWA SD

Penulis

  • Nurlaili Nurlaili Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dengan model Pembelajaran Direct Instruction (DI) di SD Negeri 11 Dewantara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 11 Dewantara yang berjumlah 19 orang siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes, hasil observasi dan hasil wawancara. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Direct Instruction (DI) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung. Hal ini terlihat dari tes pratindakan 32% siswa yang tuntas dalam belajar, pada siklus 1 meningkat menjadi 58%. Hasil observasi terhadap aktivitas guru adalah 82% pada siklus I. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I adalah 83,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebesar 89% siswa dengan hasil observasi terhadap aktivitas guru adalah 91,5%. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa adalah 95%. Hasil wawancara dilakukan dengan 3 orang responden, ketiga siswa tersebut menyatakan suka belajar Bahasa Indonesia khususnya materi mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Direct Instruction (DI) dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia terutama pada materi mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), Mengubah,

Kalimat Langsung, Kalimat Tak Langsung

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Standar Isi KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV Yrama Widya.

Kasim. 2004. Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung : Pustaka Prima.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurcholis, Hanif. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Penerbit Erlangga.

Nurgiyantoro, Burhanuddin. 2005 Apresiasi dan Teori Sastra Indonesia : Bandung: CV Yrama Widya.

Setyana, Agustien. 2006. Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia. Penerbit Aneka Ilmu.

Sudijono. 2005. Metode Statistika. Tarsito : Bandung

Tarigan, H.G dkk. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi. Bireuen. FKIP Universitas Almuslim.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media group.

Usman, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam Banda Aceh

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08