UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PROGRAM LESSON STUDY DI SD NEGERI 3 MODEL PEUSANGAN

Penulis

  • Misnar Misnar

Abstrak

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program lesson study merupakan suatu kajian yang dilakukan terhadap pembelajaran atau suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaborasi dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membentuk learning community (masayarakat belajar). Adapun kendala yang dihadapi di lapangan pada saat pelaksanaan lesson study diantaranya adalah jadwal mengajar guru sebagai jam wajib berbenturan dengan dengan jadwal lesson study sehingga berakibat pada tidak adanya observer, persiapan guru model juga masih sangat kurang disebabkan rasa canggung dan malu untuk diamati oleh para guru yang lain dan masih adanya rasa kurang terbuka terhadap saran dan masukan guru yang lain. Adapun hasil dari pelaksanaan program lesson study di SD N 3 Model Peusangan telah menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogik guru menjadi lebih baik dengan persiapan yang sangat memuaskan baik dari segi cara penyampaian materi dan sikap terbuka terhadap berbagai masukan dan saran yang disampaikan oleh para observer untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal.


Kata kunci: Lesson Study

Referensi

Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. Third Edition.San Francisco State University.

Hendayana. 2006. Lesson Study MeningkatkanProfesionalisme Guru. (Online),http://mgmppknbondowosodeskripsi.blogspot.com/2012/04/lesson-study-meningkatkan.html, diakses 10 Oktober 2012.

Sudrajat. 2008. Lesson Study untukMeningkatkan Proses danHasilPembelajaran. (Online), http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/ lesson-study-untuk-meningkatkan-pembelajaran/,diakses 11 Oktober 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08