PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BESAR (BIG BOOK) PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR SAINS

Penulis

  • Sarah Fazilla

Abstrak

Tujuan utama pendidikan diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik dengan baik, untuk mencapai kualitas yang dinginkan perlu adanya berbagai inovasi dalam proses pembelajaran, pendidik dituntut mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu kemampuan literasi juga diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Namun, realitanya dalam proses pembelajaran saat ini kemampuan literasi mahasiswa masih rendah sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi. ranah kognitif masih menjadi komponen utama dalam penilaian, sehingga perlu dikembangkan penilaian yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dari ranah afektif. Untuk meningkatkan kemampuan afektif peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar yang tepat dalam proses pembelajaran, salah satu media pembelajaran  yang dapat digunakan adalah buku besar (Big book). Penelitian ini dilakukan di Prodi PGSD Universitas Almuslim pada mahasiswa semester I. Dari hasil analisis data yang didapatkan dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi pada mahasiswa PGSD semester I didapatkan bahwa penggunaan media pembelajaran buku besar (Big book)  memudahkan mahasiswa memahami materi dan juga mampu meningkatkan kreatifitas mahasiswa, hasil observasi juga memperlihatkan minat siswa sangat baik terhadap materi yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku besar (Big book) mampu menggembangkan kreatifitas mahasiswa dan meningkatkan minat belajar khususnya pembelajaran konsep dasar sains.

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Media Pembelajaran, Konsep Dasar Sains

Referensi

Arsyad, Azar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Angkowo R dan A Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.

Solehuddin, M dkk. 2008. Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: UT

Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.

Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi U.S., dkk. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar FISIKA .Jurnal Formatif 2(1): 71-81 ISSN: 2088-351X. http://portal.kopertis3.or.id/bitstream/123456789/738/1/Supardi,%20dkk%2071-81.pdf (Diakses pada 3 Maret 2016)

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08